Sabtu, 06 Agustus 2011

Tips Agar Komputer Tidak Hank

Tips Agar Komputer tidak Hank – Sahabat Pustakers yang terbiasa bekerja atau menyelesaikan tugas sekolah atau kampus dengan menggunakan komputer, tentu pernah mengalami berbagai masalah seputar personal computer (PC). Dari lambatnya kinerja PC, sampai seringnya hank ketika dipakai dalam waktu yang cukup lama. Tentu saja hal tersebut sangat tidak kita harapkan.
Agar PC kita selalu beroperasi normal, maka kita perlu melakukan beberapa hal, yakni:
Pertama
Jangan menyalakan dan mematikan komputer dalam waktu yang terlalu cepat. Apabila kinerja PC kita tidak optimal atau sering hank, biasanya kita langsung mematikan komputer tersebut dan kemudian menyalakannya lagi. Kebiasaan seperti ini haru ditinggalkan. Dengan mematikan dan menyalakan PC terlalu cepat, maka akan terjadi bad sector.
tips agar komputer tidak hank
Tips Agar Komputer Tidak Hank
Apabila hardisk telah mengalami bad sector, maka kapasitas hardisk akan berkurang dan akibatnya hardisk menjadi rusak. Agar terhindar dari hal tersebut, maka apabila mematikan PC dan akan menyalakannya kembali harus selang waktu beberapa detik. mengingat kinerja hardisk yang cukup berat dan harus dimatikan tiba-tiba, maka perputaran hardisk untuk kembali ke awal menjadi tidak teratur.

Kedua
Bersihkan PC dari debu atau kotoran yang menempel. Hal ini kita lakukan dengan menggunakan kuas atau vakum cleaner. Caranya adalah dengan membuka casing PC dan membongkar bagian dalamnya untuk kemudian dibersihkan. kamu tak perlu kuatir tidak bisa memasangnya kembali, karena PC dirancang khusus dengan ukuran yang pas. Artinya apabila kita salah memasang komponen PC tersebut maka komponenePC itu tidak dapat terpasang.

Ketiga
Prosesor harus selalu dingin. Agar prosesor tidak mudah panas, maka yang dapat kita lakukan adalah dengan mengontrol kipas prosesor. Apabila Kipas tersebut tersumbat debu, maka kita harus segera membersihkannya, dan bila kipasnya tidak berputar dengan normal, maka harus dilihat apakah kipas tersebut rusak atau hanya terjadi selip.
Tentu saja apabila kipas tersebut rusak, maka harus segera diganti, hal ini untuk menjaga agar prosesor tetap dalam suhu yang normal. Untuk melihat suhu yang normal, kita dapat menemukannya di bios. disitu ada pengontrol suhu, apabila suhu menunjukkan angka diatas 50 derajat celcius, maka prosesor berada dalam suhu yang tidak normal. karena suhu normal bagi prsesor maksimal 50 derajat celcius.

Keempat
Matikan komputer secara prosedural, maksudnya adalah mematikan komputer tidak langsung dari tombol powernya, tetapi dengan cara di shut down lebih dahulu. hal ini penting dilakukan untuk menjaga hardisk agar tidak bad sector. Mungkin bagi yang sudah terbiasa bermain komputer, hal ini dianggap tidak terlalu penting karena semua orang juga tahu. namun bagi pemula hal ini harus selalu diperhatikan, karena sering kita jumpai orang yang mematikan komputer tidak dengan prosedur yang benar, biasanya orang-orang gaptek sering melakukan hal ini :D .

Kelima
Pasang Stabiliser, cara ini perlu dilakuka karena listrik sering mengalami naik turun tegangan alias tidak stabil. Dengan stabiliser ini, maka listrik yang mengalir ke PC akan selalu terjaga kestabilannya sehingga PC akan bekerja dengan optimal dan apabila tiba-tiba listrik mengalami tegangan tinggi, maka stabiliserlah yang akan terkena imbasnya terlebih dahulu.

Keenam
Scan disk dan defrag sebulan sekali. Cara ini perlu dilakukan untik menjaga kinerja PC tetap optimal. Kita sering menemukan komputer kita yang tadinya prosesnya cepat menjadi lambat. Cara inilah yang paling mudah kita lakukan


http://pustakasekolah.com/tips-agar-komputer-tidak-hank.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar