Senin, 08 Agustus 2011

Pengertian Ilmu Sejarah

Pengertian Ilmu Sejarah – Sahabat Pustaka, kali ini saya akan memposting mengenai Pengertian ilmu sejarah. Kata Sejarah berasal dari bahasa Jerman, Geschichte yang berarti sesuatu yang telah terjadi. Dalam bahasa Belanda, Geschiedenis. Lain lagi dalam bahasa Inggris, History yang berasal dari kata Yunani Istoria yang artinya Ilmu yang menelaah hal ikhwal manusia dalam urutan kronologis. Selanjutnya dalam bahasa Arab dari kata Syajaratun yang berarti pohon. Artinya, sejarah itu ibarat phon cemara yang puncaknya lancip dan tunggal.
Pengertian sejarah dalam hal ini mengacu kepada ketrurunan, asal-usul, riwayat, atau silsilah raja-raja yang secara sekilas tampak seperti gambar pohon. Olehnya itu, sejarah dapat diartikan sebagai cerita atau kisah tentang silsilah raja-raja pada masa lampau. kata sejarah dari bahasa arab inilah yang kemudian diserap ke dalam bahasa Indonesia.
Ornag Indonesia mengartikan sejarah tidak begitu berbeda jauh dari terjemahan beberapa bahasa asing itu. dalam KBBI (Kamus besar bahasa Indonesia) sejarah diartikan sebagai: silsilah, asal-usil atau ketrunan; kejadian dan peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau; riwayat; dan tambo.
Sejarah merupakan sebuah kausalitas atau sebab akibat. kausalitas karena setipa peristiwa yang terjadi pasti ada yang melatarbelakangi atau menyebabkan. Peristiwa yang sudah terjadi tersebut menyebabkan terjadinya peristiwa selanjutnya atau yang akan datang. Contoh, munculnya pergerakan nasional Indonesia (Akibat) disebabkan dan dipengaruhi oleh pemberlakuan politik etis dan munculnya paham-paham atau idiologi baru (sebab) .
Sejarah juga merupakan sebuah kontinuitas atau kesinambungan, Artinya, peristiwa-peristiwa sejarah akan berlangsung terus-menerus tanpa pernah berhenti atau keterputusan hubungan. Contohnya masa pra-aksara dilanjutkan dengan masa aksara, masa Hindu-Buddha, nasa Islam, masa kolonial, masa kemerdekaan, masa orde lama, masa orde baru dan masa reformasi.
Sejarah merupakan rentetan waktu dari masa lalu, masa kini dan masa mendatang yang saling mempengaruhi dan berkesinambungan. Sejarah ada sejak manusia itu ada atau hidup di muka bumi ini. jadi sejarah dimulai sejak zaman manusia purba yang belum mengenal tulisan sampai zaman atau era digital sekarang ini.
Jadi dapat disimpulkan, bahwa sejarah itu berarti ilnu yang mempelajari peristiwa-peristiwa masa lampau yang disebabkan oleh aktivitas manusia yang berakibat terjadinya perubahan pada peradaban umat manusia. Perubahan tersebut dapat berupa perkembangan, pertumbuhan, kemunduran dan kehancuran. Akan tetapi tidak semua peristiwa masa lampau manusia itu lulus seleksi untuk diteliti oleh ilmu sejarah. peristiwa masa lalu yang lulus seleksi sebagai objek penelitian sejarah haruslah memiliki unsur unik dan memberikan kontribusi bagi peradaban umat manusia. Unik artinya, peristiwa itu hanya terjadi sekali dan tidak pernah terulang persis sama untuk selanjutnya.


http://pustakasekolah.com/pengertian-ilmu-sejarah.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar