Senin, 08 Agustus 2011

Mengenal Ginjal Manusia

Mengenal Ginjal Manusia – Sahabat Pustaka sekalian, kali ini saya akan share mengenai mengenal ginjal manusia. Dalam tubuh terdapat sepasang ginjal yang berada di sekitar tulng-tulang punggung. Ginjal berbentuk seperti kacang merah. Ginjal berfungsi sebagai penyerap atau penyaring sampah yang terdapat dalam darah. Mengenal ginjal manusia.
Ginjal mendapat percabangan pembuluh darah dari aorta berupa arteri renalis dan vena cava inferior berupa vena renalis. Dari ginjal terdapat saluran ginjal atau ureter yang bermuara pada kantung kemoh atau vesika urinaria. Vesika urinaria berfungsi menampung urine yang dihasilkan oleh ginjal. Urine keluar dari vesika urinaria ke luar tubuh melalui uretra. Dibagian atas ginjal terdapat kelenjar anak ginjal atau glandula suprarenalis adrenal.

Gambar Ginjal Manusia

Jika ginjal dibelah, ginjal terdiri atas kulit ginjal atau korteks, sumsum ginjal atau medula, dan rongga ginjal atau pelvis. Pada ginjal terdapat berjuta-juta nefron. Nefron merupakan unit terkecil pembentuk urine. Satu nefron terdiri atas kapsula bowman, tubulus proksimal, tubulus distal dan lengkung Henle atau loop henle.
Kapiler darah yang menuju nefron adalah kapiler arteri aferen. Arteri efferent membentuk jalinan pada kapsula Bowman atau simpai Bowman yang dinamakan glomerulus dan keluar dari glomerulus berupa arteri eferen.
Dari kapsula bowman, urine diteruskan dengan saluran yang terdiri atas tubulus proksimal, lengkung henle, tubulus distal, dan bermuara pada saluran pengumpul yang akan meneruskannya ke piramid ginjal. Kapsula bowman dan glomerulus membentuk 1 unit yang dinamakan Badan Malpighi. Pada sebuah ginjal lebih kurang terdapat satu juta nefron.
Bagian medula atau sumsum ginjal terdiri atas piramid ginjal dan piala ginjal atau pelvis ginjal yang berhubungan dengan ureter. Urine yang dihasilkan mengandung air, mineral urea, dan kreatinin. Urea yang terdapat dalam urine berasal dari metabolisme protein di hati.


http://pustakasekolah.com/mengenal-ginjal-manusia.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar