Kamis, 04 Agustus 2011

Membangun Potret Diri yang Positif

Seseorang yang memiliki potret diri yang positif akan mempunyai pondasi diri yang kuat serta penghargaan diri yang bagus. Jika seseorang mempunyai persepsi buruk atas dirinya sendiri, itu hanya akan membuatnya menjadi makin lemah. Potret diri merupakan hal yang sangat berpengaruh dalam diri seseorang. Hal ini akan berhubungan sengan kehidupan pribadi, pasangan, bahkan relasi sosial yang lebih luas. Seseorang yang memiliki potret diri yang negative cenderung akan mengalami masalah dalam relasi dan akan mudah mengalami depresi.
Potret diri memang dipengaruhi oleh lingkungan, keluarga, teman dan media, namun potret diri ini dapat diubah dan diperbaiki. Beberapa cara berikut ini mungkin dapat membantu Anda untuk lebih menghargai diri sendiri.
Negative thinking atau pikiran negatif yang dimiliki seseorang haruslah dihilangkan. Jika seseorang memiliki pikiran negatif, orang tersebut cenderung berbicara buruk tentang dirinya sendiri. Jadi, beruusahalah untuk melawan pikiran negatif yang muncul dari dalam diri sendiri. Misalkan saja, Anda mendapat kritikan dan penilaian yang buruk dari kantor, berusahalah jangan menyalahkan diri sendiri dan melemahkan diri dengan pemikiran negatif yang muncul. Sebaliknya, cobalah untuk lebih menghargai diri dengan memberikan semangat pada diri Anda sendiri. Yakinlah bahwa Anda telah berusaha untuk memberikan yang terbaik. Jika memang masih ada kekurangan, perbaikilah demi kemajuan Anda sendiri.
Setiap hari, tulislah tiga hal yang berbeda dan Anda sukai dari diri Anda sendiri. Fokuslah untuk menulis hal-hal yang positif dari diri Anda. Selain itu, Anda tidak perlu menuliskan secara detail mengenai apa yang Anda tulis tadi. Cukup tuliskan secara singkat namun jelas tiga hal tersebut. Inti dari aktifitas ini adalah untuk membantu Anda menghargai apa yang telah Anda punyai.
Lakukanlah aktifitas yang Anda senangi. misalkan olehraga, membaca buku, berkebun, atau hal lain yang Anda sukai. Dengan melakukan hal yang Anda sukai, Anda akan lebih bisa untuk menghargai diri Anda sendiri.
Orang sering bertanya pada pasangannya, “Apakah kamu mau menerima diriku apa adanya?” Hmmm… Pertanyaan yang biasanya akan dijawab dengan “ya..aku mau.” Lalu bagaimanakah dengan diri Anda sendiri? Sudahkah Anda menerima diri Anda apa adanya?
Kalau dipikir-pikir lagi enggak deh. Kok gitu? Lha iya…
Pada kenyataannya orang masih sering membandingkan dirinya dengan orang lain. Dia lebih cantik, lebih kaya, lebih pintar, dan hal lebih lainnya. Tahukah Anda jika setiap pribadi itu diciptakan dalam bentuk yang berbeda. Bentuk di sini bukan berarti bentuk fisik namun pribadinya. Karena setiap orang itu terlahir dengan pribadi yang unik. Nah, yang berbeda dan yang sering membedakannya adalah bagaimana dia mengembangkan diri.
Janganlah terpengaruh dengan model cantik yang sering muncul di televisi, mungkin ia terlahir dengan fisik yang sempurna, sering jadi pujaan siapapun, namun tetaplah ia mempunyai kekurangan. Nah, kekurangan yang setiap orang miliki ini tidak lantas menjadi hambatan bagi Anda untuk berkembang. Cobalah untuk menutupi kekurangan itu dengan memberikan keunggulan dari kelebihan yang telah Anda miliki.
Namun sebagian orang sepertinya lebih sering focus terhadap kekurangan yang dimilikinya, bukan pada kelebihan yang sudah benar-benar ada dalam dirinya. Untuk lebih menguatkan Anda cobalah untuk menuliskan kelebihan yang Anda miliki yang selama ini telah mendukung Anda hingga Anda dapat mencapai keberhasilan hingga titik sekarang Anda berada.
Cobalah untuk mengevaluasi kembali target-target yang ingin Anda capai. Apakah sudah realistis? Jika belum, lakukan penyesuaian diri. Hhindarkan sikap terlalu menuntut diri sendiri yang akan membuat Anda lemah jika semua itu belum tercapai. Cobalah untuk bersikap lebih ramah terhadap diri sendiri. Dengan begitu Anda akan lebih tenang menghadapi situasi apapun dan Anda juga tidak akan mudah stress ketika target Anda belum tercapai.


http://flyuly.com/membangun-potret-diri-yang-positif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar