Kamis, 04 Agustus 2011

Manfaat Energi Matahari

Sumber energi baru yang saat ini banyak dikembangkan salah satunya yaitu sumber energi matahari, yang biasa disebut tenaga surya atau solar sel. Sumber energi dari sinar matahari ini bebas pencemaran, jumlahnya pun tidak terbatas, tidak memerlukan jaringan transmisi sehingga dapat dimanfaatkan secara mandiri dimana saja selama masih bias terjangkau sinar matahari. Indonesia sebenarnya adalah tempat yang sangat strategis untuk penggunaan energi matahari ini karena letaknya yang berada di daerah tropis. Daerah yang sangat optimal menerima sinar matahari.
Jumlah energi yang dipancarkan matahari setara dengan 10.000 kali konsumsi energi di seluruh dunia saat ini. Penggunaan energi matahari tidak mengganggu kondisi atmosfir dan juga tidak menghasilkan polutan yang berbahaya bagi makhluk hidup.
Prinsip kerja
Sinar matahari ditangkap oleh sel-sel berlapis semikonduktor kemudian diubah menjadi listrik. Agar dapat digunakan pada malam hari biasanya listrik yang telh dihasilkan disimpan dalam baterai. Energi yang dikeluarkan sinar matahri sebenarnya hanya diterima oleh permukaan bumi sebesar 69 % dari total energi sinar matahari.
Energi yang dihasilkan dari sinar matahari sangat besar, sekitar 3 x 1.024 joule/tahun. Energi tersebut setara dengan 2 x 1017 watt. Hanya dengan 0,1 % sinar matahari dari keseluruhan sinar matahari yang menyinari seluruh permukaan bumi dapat mencukupi kebutuhn energi di seluruh dunia.


http://ikankoi.wordpress.com/2009/07/05/manfaat-energi-matahari/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar