Sabtu, 06 Agustus 2011

Jaringan Pada Daun

Jaringan Pada Daun – Secara morfologis, daun merupakan organ tumbuhan yang paling bervariasi. Daun dapat dibedakan menjadi beberapa bagian, yakni pangkal daun, tangkai daun dan helaian daun. Bentuk, struktur, dan ukuran daun pada tumbuhan berbeda-beda. Hal ini dapat digunakan sebagai dasar klasifikasi pada tumbuhan. Daun tersusun atas tipe-tipe jaringan, yakni jaringan epidermis, jaringan mesofil dan jaringan pembuluh.

Epidermis
Daun memiliki epidermis pada bagian permukaannya, baik pada permukaan atas yang dinamakan epidermis adaksial maupun pada permukaan bawah yang dinamakan epidermis abaksial.
pada beberapa jenis tumbuhan, sel-sel epidermis memanjang sehingga disebut sel panjang. Di sebelah atas tulang daun terdapat sel pendek yang terdiri atas dua tipe  sel, yakni sel silika dan sel gabus.
Pada epidermis terdapat suatu lubang yang sangat kecil, bernama stoma (stomata). bagian ini adalah celah yang dibatasi oleh dua sel khusus yang disebut sel penjaga. Jadi, stomata terdiri atas sel penjaga yang berkloroplas, sel tetangga yang tidak berkloroplas dan celah stomata.
Stomata berfungsi alam pertukaran gas dan penguapan air. pada tumbuhan darat, stomata umumya terletak pada permukaan daun bagian bawah. pada tumbuhan air terapung, stomata terletak pada permukaan daun bagian atas, sedangkan pada tumbuhan yang hidup di dalam air terapung stomata terletak pada kedua permukaan daun.

Mesofil
Mesofil merupakan jaringan parenkim yang terletak disebelah dalam epidermis. Mesofil terdiri atas jaringan palisade (jaringan pagar tiang) dan jaringan spons (jaringan bunga karang). kedua jaringan tersebut banyak mengandung kloroplas. Jaringan palisade terletak tepat dibawah epidermis atas. jaringan palesade banyak mengandung kloroplas untuk melakukan fotosintesis.
Jaringan spons bentuknya beragam, dapat menyerupai sel-sel palisade karena diameternya hampir sama atau dapat pula memanjang sejajar dengan arah permukaan daun. Pada jaringan spons, terdapat ruang antar sel (sel-selnya tidak rapat). Selain itu pada jaringan spons juga dapat ditemukan kloroplas pada jaringan palesade lebih banyak daripada jaringan spon.

Jaringan pembuluh
jaringan pembuluh pada daun terdapat pada tulang daun dan urat daun. Pada daun terdapat urat-urat halus yang berperan sebagai pembuluh yang membawa air dan zat makanan ke seluruh bagian tubuh. Tulang dan urat daun juga berfungsi menguatkan daun, yakni sebagai rangka daun.
Untuk lebih mengenal susunan jaringan pada daun dan memahami hubungan antar struktur jaringan dengan fungsi yang didukungnya.[ps

http://pustakasekolah.com/jaringan-pada-daun.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar